Thursday, November 23, 2017

Salam - 4 Tips Menjaga Kesehatan Untuk Meningkatkan Produktivitas


Dalam menjalani rutinitas pekerjaan, tentunya diharapkan kondisi tubuh yang sehat. Karena tubuh yang sehat akan berkaitan dengan tingkat produktivitas diri. Boleh saja Anda bertekad untuk bekerja keras, namun bukan berarti melupakan dan tidak memperhatikan kondisi kesehatan. Jika Anda mengabaikannya, bukan mustahil Anda akan praktis terkena penyakit yang pada akibatnya bisa menghambat kinerja dan produktivitas diri dalam bidang pekerjaan yang Anda tekuni.

Jika Anda sakit tentu akan sedikit banyaknya memakan biaya. Dan barulah Anda sadar bahwa yang namanya kesehatan itu teramat mahal harganya. Selain itu ketika Anda sakit sebetulnya ada Hiden Cost yang harus Anda tanggung. Apa itu Hidden Cost? Secara bahasa bisa diartikan biaya yang tersembunyi. Tapi mungkin pengertian yang lebih sempurna yakni biaya yang secara tidak pribadi Anda korbankan, yakni lebih berkaitan dengan waktu yang tidak terpakai untuk bekerja.

 tentunya diharapkan kondisi tubuh yang sehat Salam -  4 Tips Menjaga Kesehatan Untuk Meningkatkan Produktivitas

Artinya kalau dengan kondisi sehat Anda bisa bekerja dan bisa produktif menghasilkan sesuatu, tapi ketika mengalami sakit tentunya waktu Anda tidak bisa Anda gunakan untuk memproduktifkan diri, sehingga tidak bisa menghasilkan sesuatu. Walau mungkin secara hakikat, yang namanya sakit tersebut merupakan derma dari Sang Pencipta yang dihentikan kita keluhi.

Maka dari itu, penting sekali bagi kita untuk memelihara kondisi tubuh supaya tetap fit. Sebuah pepatah mainstream latin menyampaikan “Mens sana in corpora sano” yang artinya di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Maksudnya kalau tubuh kita sehat maka jiwa kita juga akan sehat atau kuat. Begitupun sebaliknya, kalau jiwanya sehat, tubuhpun akan ikut sehat. Tubuh dan jiwa yang sehat juga merupakan salah satu pondasi utama untuk meningkatkan produktivitas diri. Dan pada akibatnya kalau produktivitas meningkat, maka Anda pun bisa lebih leluasa dalam mengerahkan kemampuan dan kreativitas dalam rangka mencari rezeki dengan lebih ulet lagi.

Baik, kini kita akan coba bahas wacana faktor pendukung dan kiat ampuh dalam upaya menjaga kondisi kesehatan tetap fit demi mempertahankan dan meningkatkan produktivitas. Setidaknya untuk mewujudkan hal tersebut, dipengaruhi oleh 4 pilar utama yang kalau disingkat bisa disebut dengan 4G (bukan jaringan internet lho ya). Mari kita bahas satu persatu.

1. Good Food / Asupan Makan yang Baik dan sehat

 tentunya diharapkan kondisi tubuh yang sehat Salam -  4 Tips Menjaga Kesehatan Untuk Meningkatkan Produktivitas
webmd.com
 Makanan yang baik dan sehat akan bisa mendukung daya pikir dan tentunya berujung pada peningkatan produktivitas. Contoh dari masakan yang baik dan sehat tersebut yang paling sederhana yakni sayur mayur dan buah-buahan serta masakan berprotein menyerupai daging dan ikan dalam kadar yang tidak berlebihan. Apa yang Anda makan menghipnotis kesehatan dan jiwa Anda. Kebalikannya yakni masakan yang jelek / kurang baik, semisal sering makan Junk food atau masakan yang banyak mengandung minyak / goreng-gorengan.

Sebuah studi di Inggris memperlihatkan bahwa orang yang sering memakan junk food, sesudah diteliti terbukti metabolisme otakn mereka menjadi terganggu, praktis lemas. Dan ketika disodori dengan tugas-tugas yang menuntut kreativitas, orang-orang tersebut menjadi tidak kreatif. Kalah jauh dengan mereka (para responden) yang ketika dilakukan test disuruh makan masakan sehat menyerupai buah-buahan dan sayur mayur. Metabolisme otaknya terlihat berjalan optimal dan daya kreativitas lebih meningkat.

Kaprikornus penting sekali untuk selalu menjaga asupan makanan. Bagi Anda yang bekerja dan ngantor setiap hari, ada baiknya untuk membawa bekal dari rumah, selain lebih ekonomis juga lebih sehat. Di Jakarta banyak orang kini ketika usia muda sudah kena stroke. Salah satu penyebabnya yakni alasannya yakni makannya sembarangan dan juga seringkali stress alasannya yakni sering terjebak macet dan beban pekerjaan, ditambah jarang olah raga, sehingga sering sakit dan kondisi kesehatan yang praktis tumbang.

2. Good Rest / Istirahat yang cukup

 tentunya diharapkan kondisi tubuh yang sehat Salam -  4 Tips Menjaga Kesehatan Untuk Meningkatkan Produktivitas
wolipop.detik.com
 Selanjutnya yang merupakan pilar kunci dalam menjaga kesehatan demi meningkatkan produktivitas dan kreativitas yakni Good Rest atau Istirahat yang cukup, terutama tidur. Tidur yang cukup dan nyenyak. Tentunya hal tersebut dihentikan dianggap remeh. Banyak masyarakat kita yang menganggap remeh tidur cukup dan nyenyak di malam hari, mereka sering begadang dan waktu tidurnya serampangan.

Berbagai riset memperlihatkan bahwa tidur yang kurang dan tidak nyenyak, baik alasannya yakni disengaja atau alasannya yakni tak bisa tidur - itu secara signifikan bisa menciptakan daya intelegensi seseorang menjadi terganggu. Efek lanjutannya bisa bisa hingga menciptakan IQ menurun beberapa poin dan daya pikir menjadi kian tumpul.

Berapa jam tidur yang baik itu? Simpel, mungkin Anda juga sudah mengetahuinya, yakni 7 hingga 8 jam tidur malam. Tidur tidak terlalu malam, bangunnya juga tidak siang. Rekomendasi paling pas, yakni tidur jam 9 kemudian bangkit jam 3 atau jam 4. Bagi yang muslim, waktu bangkit tersebut juga bisa dipakai untuk shalat malam, lebih mendekatkan diri pada sang pencipta. Lebih produktif dalam hal rohani. Hal itu tentu lebih baik dari pada tidur larut malam, missal jam 12 kemudian bangkit jam 6. Shalat shubuh aja sudah kelewat.

Bagaimana caranya supaya bisa tidur nyenyak dan cukup?
Selain dipengaruhi oleh faktor nomor 1 di atas yaitu, asupan masakan yang baik, juga ini berkaitan erat dengan point nomor 3 yang nanti akan di bahas, yaitu kebiasaan berolahraga. Jika Anda rajin melaksanakan olahraga pada siang hari, secara pribadi itu akan menciptakan Anda mencicipi tidur yang nyenyak pada malam harinya. Sebaliknya Kalau Anda jarang olah raga, tidurnya akan lebih susah susah dan kurang berkualitas. Bahkan mungkin seringkali begadang, tidur hanya 3 atau 4 jam. Perilaku tersebut kalau dilakukan terus menerus dalam jangka waktu lama, bisa semakin menciptakan Anda lebih ceroboh dan sulit membangun konsenterasi.

3. Good Exercise / Bergerak/Olahraga (latihan fisik ringan)

 tentunya diharapkan kondisi tubuh yang sehat Salam -  4 Tips Menjaga Kesehatan Untuk Meningkatkan Produktivitas
obatjantung.muarafarma.com

Berikutnya yakni membangun kebiasaan bergerak, baik berolah raga / latihan fisik ringan secara teratur setiap harinya. Memperbanyak gerakan dan latihan fisik secara teratur yakni salah satu kunci pendukung tercapainya produktivitas. Kaprikornus jangan terlalu sering berlama-lama duduk di belakang meja dan komputer.

Latihan yang dilakukan juga tidak usah yang berat-berat, menyerupai Gym, tinju, dll, kecuali kalau kita memang seorang Atlet. Cukup dengan merutinkan berjalan kaki atau jogging ringan di ruangan terbuka 10 menit setiap hari, selesai shalat shubuh misalkan. Atau contohnya lakukan Pushup 1 kali saja setiap pagi, hanya 1 kali. Mungkin kelihatannya sangat kecil dan tidak akan berdampak. Padahal justru di situlah ada kekuatan yang berjulukan The Power of Small Things. Hal yang kecil tersebut, misal Push Up 1 kali saja setiap hari, alasannya yakni dirasa sangat gampang, maka kita sanggup dengan praktis dan senang hati melakukannya, “cuma 1 kali push up ini, masa’ gak bisa”.

Pada prakteknya, mungkin Anda bisa lakukan lebih dari satu kali push up. Bisa 5 atau 10 mungkin, tidak masalah, justru bagus. Dan kalau kebiasaan kecil tersebut dilakukan secara rutin, maka dalam jangka waktu usang akan membentuk sebuah peningkatan kualitas kesehatan. Andapun akan mencicipi sesuatu berjulukan Sense of Progress, yaitu sebuah perasaan di mana kita mencicipi adanya peningkatan kulitas diri yang bisa menciptakan perasaan bahagia.

Kaprikornus jangan pernah lupakan olah raga. Orang-orang yang rajin berolahraga apalagi dilakukan di ruang terbuka dipercaya akan lebih bahagia, lebih tahan menghadapi stress dan responsif serta kreatif dalam memecahkan sebuah masalah. Ketajaman otak pun juga kian terasah.

Kaprikornus silakan temukan peluang di mana Anda bisa bergerak, kalau misalkan Anda orang yang sibuk dan tidak punya cukup waktu untuk berolahraga. Jangan duduk terus di belakang meja. Itu sangat tidak baik bagi otak Anda. Jika kita mau produktif, kita harus mempunyai tubuh dan jiwa yang sehat. Dan hal itu bisa dibangun selain tadi dengan makan yang baik, istirahat yang cukup dan rajin bergerak. Sekali lagi, “mens sana in corpore sano”

4. Good Mind / Pikiran yang Baik

 tentunya diharapkan kondisi tubuh yang sehat Salam -  4 Tips Menjaga Kesehatan Untuk Meningkatkan Produktivitas
youthareawesome.com
 Faktor terakhir yang turut menetukan kesehatan dan produktivitas Anda yakni Good Mind atau pikiran yang baik. Mungkin sudah sering kita dengar sebuah ungkapan yang menyebutkan bahwa kondisi kita kini yakni hasil dari apa yang kita pikirkan. Betapa dahsyatnya kekuatan pikiran sehingga juga bisa kuat pada kualitas kesehatan tubuh.

Pikran yang baik akan menciptakan tubuh menjadi baik pula. Maka dari itu usahakan untuk senantiasa memperlihatkan asupan informasi yang bermanfaat dan positif, sehingga pikiran akan terjaga dan berdampak baik pada kesehatan tubuh.

Sebaiknya kalau misalkan setiap hari pikiran Anda dipenuhi oleh bermacam-macam informasi yang kurang bermanfaat, menyerupai gosip di televisi atau media sosial, tanpa Anda sadari daya tahan tubuh akan turun. Kaprikornus sebisa mungkin mulai kurangilah nonton gosip di TV atau media sosial. Terlebih kini ini berita-berita di yang ada kebanyakan bikin emosi dan menguras pikiran. Tak jarang juga dibumbui dengan ujaran-ujaran kebencian yang sangat tidak baik.

Berita-berita tidak baik semisal gosip korupsi, pers3lingkuhan artis, pemb0enuhan, pemerk#saan dan lain sebagainya itu sangat berbahaya terhadap mindset Anda, terlebih kalau dikonsumsi secara rutin setiap hari. Satu-satunya hal anggun yang didapat mungkin Anda akan lebih banyak tahu berita-berita terkini, istilahnya up to date. Namun selebihnya, justru pikiran Anda akan semakin tercemar oleh virus-virus negatif yang sama sekali tidak ada gunanya, bahkan lebih banyak mudharatnya. Tidak jarang kelanjutannya sanggup berakibat stress dan sakit walau tidak secara langsung.

Jika pikiran senantiasa positif, maka perasaanpun akan ikut positif dan lebih optimis dalam menjalani hidup. Usahakan untuk selalu menjaga asupan informasinya supaya hanya informasi positif dan inspiringlah yang diserap oleh pikiran Anda.

Adapun tips sederhana yang bisa kita terapkan untuk senantiasa berpikir dan berprasangka positif, antara lain:
  • Selalu bersyukur kepada Tuhan SWT. Alih-alih mengeluhkan apa yang tidak kita punyai, akan lebih baik kalau kita mensyukuri sekecil apapun hal yang telah diberikan. Bisa bernafas, bisa melihat, bisa berjalan, bisa mendengar dan lain-laina yakni anugerah yang tak ternilai harganya yang seringkali kita lupakan dan kufuri keberadaannya. Kaprikornus perbanyaklah bersyukur. Dan memang kenyataannya akan berbagai hal yang patut kita syukuri dalam hidup ini. Berbagai riset juga memperlihatkan bahwa orang yang selalu bersyukur itu lebih sehat dan senang ketimbang yang tidak.
  • Selalu positive thinking, bahkan dalam keadaan tidak baik sekalipun. Usahakan untuk melihat sisi baik dari setiap kejadian, sekalipun kejadian tersebut tidak kita inginkan.
  • Sebisa mungkin hindari gosip tidak positif yang dipenuhi dengan kebencian. Kurangi nonton tv. Anda juga bisa Unfollow atau Unfriend akun-akun di Media Sosial yang kerap kali menyebar gosip tidak mengenakkan dan isinya tidak positif. Karena hanya akan menciptakan pikiran kita terkuras, waktu pun terbuang sia-sia dan produktivitas tidak kunjung meningkat..
Dengan menerapkan tiga tips sederhana di atas, pasti akan menciptakan pikiran semakin sehat dan produktif setiap harinya. Just do it.

***

Nah itulah klarifikasi wacana 4 faktor kunci dalam menunjang kesehatan dan produktivitas diri. Intinya mulailah terapkan dari kini dengan langkah-langkah kecil (Baby Steps) sehingga akan terasa praktis dan tidak menjadikannya beban, melainkan kebutuhan yang harus dipenuhi. Mulai perubahan dari hal-hal kecil dan dilakukan secara konsisten. InsyaAllah hidup kita akan lebih senang dan cemerlang. Aamiin.
Sumber http://www.indravedia.com

0 comments:

Post a Comment